Kamis, 24 November 2016

Rahasia Online

Tips Berbelanja Online Yang Aman dan Benar

 

 

Berbelanja online kini menjadi tradisi bagi semua orang terutama kalangan wanita, berbelanja yang aman tentu saja menjadi dambaan  semua orang agar ketika berbelaja tidak tertipu, bayangkan saja uang ratusan ribu rupiah hilang dalam sekejab saja. Aku mau cerita tentang pengalamanku dalam belanja online hingga tertipu uang ratusan ribu ruupiah.

Aku adalah owner salah satu online shop di Salatiga, namanya rv collection, kunjungi nih instagramnya https://www.instagram.com/rv.collection/..   suatu kali aku order di salah 1 tempat jualan tas murah dengan harga 50.000 rupiah saja, anak kuliahan siapa yang gak terpincut dengan harga murahan, apa lagi dengan kualitas gambar bagus so pasti sudah sangat tergiurkan, singkat cerita aku ingin join group BBM dan chattingan bertanya kualitas barang dan promo yang ada, kemudian aku order beberapa pcs tas dengan teman teman se kelas, setelah transaksi itu terjadi, akhirnya saya pergi ke bank untuk transfer sejumlah uang tersebut. Biasanya dalam dunia berjualan online selalu ada tukar menukar kontak BBM, komunikasi antar pelanggan pun terjadi.  

Tak lama kemudian setelah aku transfer akhirnya saya bertanya resi tracking yang seharusnya di berikan 1x24 jam sesuai dengan persetujuan, si penjualnya memberikan banyak alasan untuk aku tidak meminta resi tersebut.  Hari berganti hari, aku teringat lagi akan sebuah resi yang hingga beberapa hari tak kunjung diberi, aku mau BBM dicari kontak nya sudah tiada dan ternyata di delcon.. Huft banyangkan saja pagi-pagi naik darah..

Nah.. untuk menghindari kasus penipuan online seperti yang aku alami, aku punya sebagian tips dalam berbelanja online agar temen-temen semua nggak mengalami kejadian itu :


1. Cari Tahu Terlebih Dahulu Reputasi Toko Online Tersebut


Di beberapa platform toko online alias E-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, kita bisa dengan mudah mencari penjual yang memiliki reputasi yang baik dan sudah menjual banyak barang atau tidak. Tapi kalau di platform yang berbeda terkadang kita sulit membedakan toko online yang terpercaya atau tidak. Tapi kami ada cara-cara tersendiri untuk mengetahui toko online yang aman untuk berbelanja online, cara pertama cek kontak penjual apakah nomer yang tertera disitus benar-benar valid atau tidak dan juga cek lokasi penjual, cara kedua kunjungi situs Police Online dan ketik url toko online yang sobat inginkan dan disitu bisa terlihat lebih jelas apakah toko online tersebu memiliki reputasi yang bagus atau tidak. Selanjutnya cek apakah sudah banyak orang yang membeli disitu dengan cara lihat testimoni.


2. Baca Deskripsi Produk Yang Akan Dibeli


Sebelum membeli cek kondisi produk lewat deskripsi, pengalaman kami kalau membeli Smartphone lewat toko online biasanya kami terlebih dahulu bandingkan spesifikasi produk yang tertera di lapak penjual dengan spesifikasi resmi yang tertera disitus resmi Smartphone yang akan kami beli. Contohnya kami membeli Samsung Galaxy J5, maka kami akan mengunjungi situs Samsung Indonesia atau melihat informasi spesifikasi yang akurat lewat situs detekno.com.


Selanjutnya cek juga apakah kondisi barang yang dijual baru atau bekas, jika bekas tayakan apa minusnya produk tersebut dan sudah berapa lama ia memegang barang tersebut. Khusus untuk Smartphone yang saat ini sulit membandingkan Smartphone asli atau palsu, sobat bisa mencari referensi terlebih dahulu tentang ciri-ciri Smartphone Palsu. Yang jelas ciri Smartphone palsu yang bisa kita lihat dengan mudah adalah harga Smartphone tersebut sangat murah dibandingkan dengan toko lainnya.


3. Bandingkan Harga Barang Dengan Toko Online Lainnya


Tips berbelanja online yang ketiga yang juga tidak kalah pentingnya adalah cek harga barang di semua toko online yang sudah masuk ke daftar situs toko online terpercaya kita. Karena tidak semua penjual online menjual barang dengan harga murah dari harga di toko-toko biasa. Oleh sebab itu tips ini juga sangat perlu diperhatikan karena tujuan kita berbelanja online adalah mendapatkan harga yang lebih murah dan bisa mendapatkan barang yang sesuai dengan keinginan kita.


4. Lebih Aman Berbelanja Di Toko Online Dengan Awalan URL Https


Mungkin untuk sebagian orang awam belum tahu faktor ini sangatlah penting. Karena alamat situs yang memiliki Https ini sudah memiliki tingkat kevalidan yang lebih baik ketimbang alamat situs yang belum ada Https. Karena saat kita melakukan pengisian data pribadi, nomer rekening bank atau kartu kredit jika lewat situs yang memiliki Https informasi yang kita masukkan akan dienkripsi dan hasilnya data yang kita masukkan akan aman.


5. Pilih Pembayaran Yang Aman


Kemudahan berbelanja online kini semakin nyaman dan aman berkat banyaknya toko online yang mendukung beragam metode pembayaran. Sobat deteknokers yang tidak memiliki rekening bank pun saat ini sudah bisa membeli barang lewat online dengan membayar lewat supermarket salah satunya Indomaret. Dan pengalaman kami saat berbelanja online, kami selalu memakai rekening bank dengan fasilitas keamanan yang lebih tinggi dan juga cepat untuk dikonfirmasi. Selain itu pembayaran lewat bank juga memiliki bukti yang kuat dan bisa digunakan jikalau terjadi sesuatu.


6. Mintalah Packing Kayu dan Asuransi


Hal ini penting untuk dilakukan apalagi jika sobat deteknokers membeli barang yang bernilai diatas puluhan juta rupiah. Tidak usah berpikir soal tambahan biaya saat menggunakan fasilitas packing kayu atau asuransi, karena dengan packing kayu dan asuransi barang yang kita beli akan aman saat dikirimkan maupun saat kita terima. Dan jika terjadi sesuatu kita sudah memiliki jaminan dari Asuransi dan juga garansi dari penjual.


7. Cari Penjual Yang Bisa Memberikan Garansi


Penjual yang sudah memiliki reputasi bagus dan sudah menjual banyak barang juga belum tentu akan memberikan pelayanan yang baik. Untuk antisipasi hal tersebut, sobat deteknokers melakukan konfirmasi apakah penjual bisa memberikan garansi atau tidak. Biasanya di belanja online ada barang yang diberi garansi personal yang ini artinya barang jika terjadi kerusakan akan diperbaiki langsung oleh penjual.


Ada juga garansi internasional yang mana garansi tersebut hanya bisa diclaim diluar negri yang mendukung garansi produk yang akan kita beli, garansi distributor ini adalah garansi yang sering kami dapatkan ketika membeli produk Xiaomi atau Smartphone lainnya yang belum resmi masuk ke Indonesia. Pengalaman kami dengan garansi distributor sejauh ini tidak pernah ada masalah, paling ROM pada Smartphone sudah dioprek dan ini bisa diperbaiki dengan mem Flash HP yang kita beli. Garansi Resmi, garansi inilah yang paling kami rekomendasikan saat sobat membeli barang lewat online karena jika terjadi kerusakan sobat deteknokers bisa meng claimnya sendiri dan tentu lebih cepat dari proses claim garansi lainnya.


8. Cari Penjual Yang Berlokasi Dekat Dengan Daerah Sobat


Terlihat tidak penting namun nyatanya tips berbelanja online yang satu ini sangat penting. Dengan kita mengetahui lokasi penjual kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan lebih cepat. Salah satunya adalah jika sobat deteknokers yang berlokasi di Jakarta dan kebetulan lokasi penjual juga berlokasi di Jakarta juga, maka sobat bisa mendapatkan barang lebih cepat melalui pengiriman Go Jek atau pengiriman lainnya. Berbeda halnya jika sobat berlokasi di Banyumas. Jawa Tengah lalu lokasi penjual di Medan, Sumatra maka barang yang akan kita beli akan lebih lama sampainya dan resiko barang rusak lebih tinggi apalagi jika sobat tidak menggunakan packing kayu dan fasilitas asuransi.


9. Cek Nama dan Nomer Rekening Bank Apakah Sesuai Atau Tidak


Sebelum melakukan transaksi pengiriman uang, biasakan sobat deteknokers cek nama lengkap dan nomer rekening penjual apakah sesuai dengan yang di website atau tidak. Selain mengantisipasi penipuan, tips berbelanja online ini juga agar sobat deteknokers tidak salah dalam mengirim uang. Dan pastikan juga jumlah uang yang dikirimkan apakah pas atau tidak.


10. Cek Lebih Detail Barang Yang Sudah Diterima


Setelah barang sampai dirumah, sobat harus mengecek kondisi barang yang diterima apakah sesuai atau tidak. Cek semua bagian, pengalaman kami saat berbelanja Smartphone lewat Online kami selalu pastikan kondisi barang terlebih dahulu sebelum memberikan testimoni kepada penjual. Pertama yang kami cek apakah kardus pembungkus Smartphone tersebut penyok atau tidak, casing lecet atau tidak, lalu barang asli atau tidak dan terakhir cek spesifikasi Smartphone apakah sesuai dengan spek resminya atau tidak dan cek kondisi layar apakah ada dead pixel atau tidak.


11. Selalu Simpan Struk Pembayaran atau Invoice


Tips Berbelanja online yang aman dan benar lainnya adalah selalu simpan bukti pembayaran. Kalau penjual tidak menyertakan struk dalam bungkus pengiriman maka sobat bisa melakukan screenshoot atau foto Invoice pembayaran di menu pesanan atau history pesanan sobat. Pastikan struk tersebut disimpan sampai masa garansi habis hal ini untuk antisipasi jika terjadi sesuatu.


12. Pilihlah Situs E-Commerce yang Menawarkan Fasilitas Rekening Bersama


Untuk lebih aman dalam berbelanja online, sobat deteknokers disarankan untuk memilih situs toko online atau Platform E-Commerce yang memiliki fasilitas rekening bersama atau Escrow. Dengan fasilitas ini uang yang sobat kirimkan kepada penjual akan disimpan terlebih dahulu oleh pihak kedua sehingga aman, karena jika barang yang dibeli tidak sesuai atau tidak kunjung dikirimkan maka uang sobat yang tadi dikirim akan dikembalikan oleh pihak kedua dengan utuh. Platform E-Commerce yang memiliki fasilitas ini diantaranya adalah Tokopedia dan Bukalapak.

13. Pilihlah toko online yang memiliki banyak Testimoi Produk 

Testimoni  pelanggan sangat peting bagi toko online, karena itu adalah senjata paling ampuh untuk meyakinkan pelanggan dalam membeli, mulai dari ulasan, dari foto dan cerita dari pelanggan. Hal ini tidak dapat di manipuasi karena ketika data tidak real, bisa dikatakan toko ini melakukan penipuan data, jika data saja di manipulasi kan apa lagi transaksi yang ada.


Itulah beragam tips berbelanja online yang aman dan benar yang bisa sobat deteknokers terapkan saat berbelanja online. Diharapkan dengan adanya artikel ini, sobat deteknokers bisa tahu mana toko online terpercaya mana toko online yang tidak terpercaya. Dan sobat deteknokers yang selalu setia dengan detekno.com bisa terhindari dari penipuan saat berbelanja online.

1 komentar:

  1. wah informasi sangat bagus dan membantu bagi saya dan semoga yang lain, kalo Download Film Indonesia ke Indoxxi.

    BalasHapus